Senin, 01 Juni 2015

Messerschmitt Bf 109, Pesawat

Ilustrasi Messerschmitt Bf 109
Ilustrasi Messerschmitt Bf 109
Messerschmitt Bf 109 adalah sebuah pesawat bermesin tunggal buatan Jerman yang mulai dipakai sejak tahun 1930, dan didesain oleh seorang insinyur Jerman, Willy Messerschmitt sebagai jawaban atas permintaan dari Reichsluftfahrtministerium (RLM) untuk sebuah pesawat konsep masa depan yang mendukung akan kekuatan Luftwaffe.
Foto Pilot Messerschmitt Bf 109 Saat Bersantai
Foto Pilot Messerschmitt Bf 109 Saat Bersantai 
Para Teknisi Sadang Mendorong Messerschmitt Bf 109
Para Teknisi Sadang Mendorong Messerschmitt Bf 109 
Desain Bf 109 dimulai oleh Bayerische Flugzeugwerke pada akhir 1933, setelah adanya pernyataan dari Reichsluftfahrtministerium (RLM) yang membutuhkan pesawa tempur monoplane untuk menggantikan Arado Ar 68 dan Heinkel He 51. Kebutuhan ini sebenarnya tidaklah terlalu penting, tetapi RLM percaya bahwa dengan adanya evaluasi kompetitif dan dengan waktu yang ada maka dapat dilakukan pengembangan secara terus menerus, sehingga pada saat dibutuhkan nanti akan ada pesawat hebat yang telah siap untuk dioperasikan. Beberapa perusahaan mengajukan proposal, tetapi hanya dua Bayerische Flugzeugwerke dan Heinkel yang dipilih untuk melakukan pengembangan dan evaluasi, dengan masing-masing membuat 10 contoh. He 112 milik Heinkel-lah yang pertama kali terbang (pada musim panas 1935) tetapi Bf 109-lah (yang pertama kali terbang pada pertengahan September 1935) yang dibuat dalam jumlah yang sangat besar. Anehnya kedua pesawat purwarupa ini bermesin sama yaitu mesin in-line Rolls-Royce Kestrel, sama seperti mesin in-line Junker Jumo 210.
Versi pesawat yang paling banyak dibuat adalah Bf 109G yang ternyata lebih inferior dari pesawat versi sebelumnya, walaupun diperkenalkan dengan mesin yang lebih bertenaga Daimler-Benz. Meskipun di bawah efek dari pengeboman strategis Sekutu, Bf-G tetap diproduksi dalam jumlah besar. Versi terakhir yang digunakan dalam jumlah terbatas dengan peningkatan bentang sayap dalah Bf 109H dan versi baru dari Bf 109G bernama Bf 109K. Produksi Bf 109 terus berlanjut di Cekoslovakia dan Spanyol setelah perang berhenti. Ceko membuat versi S-99 yang digunakan untuk trainer pada 1957.

  • Crew : 1 Orang
  • Panjang : 8,95 m
  • Bentang Sayap : 9,925 m
  • Tinggi : 2,60 m
  • Luas Area Sayap : 16.05 m²
  • Berat Kosong : 2.247 kg
  • Berat Terisi : 3.148 kg
  • Berat Maksimum Lepas Landas : 3.400 kg
  • Mesin : 1 unit Daimler-Benz DB 605A-1
  • Propeller : 3 bilah propeler VDM 9-12087 dengan diameter 3 m
Kinerja
  • Kecepatan Maksimum : 640 km/jam
  • Kecepatan Jelajah : 590 km/jam
  • Jangkauan Terbang : 850 km
  • Batas Ketinggian Penerbangan 12.000 m
  • Kecepatan Panjat : 17.0 m/detik
  • Daya Angkat Sayap : 196 kg/m²
  • Perbandingan Kekuatan Mesin dan Massa Pesawat : 344 W/kg
Persenjataan
  • Canon : 2 unit senapan mesin kaliber 13 mm MG 131 dengan kapasitas 300 peluru, 1 unit senapan mesin kaliber 20 mm MG 151 berkapasitas 200 peluru, dan 2 unit senapan mesin kaliber 20 mm MG 151/20 kapasitas 135 peluru
  • 2 unit roket kaliber 21 cm
  • 1 unit Bom 250 kg atau 4 unit bom 50 kg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar